George Orwell

Animal Farm

halotemanbacahas quoted3 months ago
Keberanian tidak cukup,” kata Squealer. “Loyalitas dan kepatuhan lebih penting.
halotemanbacahas quoted3 months ago
Dan ingat, Kamerad, resolusimu tak pernah boleh goyah. Alasan apa pun tidak boleh membuat kamu tersesat!
halotemanbacahas quoted3 months ago
Jangan bayangkan, Kamerad, bahwa menjadi pemimpin itu menyenangkan! Sebaliknya, itu adalah satu tanggung jawab yang berat dan mendalam.
halotemanbacahas quoted3 months ago
ingat, Kamerad, resolusimu tak pernah boleh goyah. Alasan apa pun tidak boleh membuat kamu tersesat!
nurapriani757has quoted9 months ago
Sungguh, tak seekor pun dari kalian yang menghendaki Jones kembali, kan
nurapriani757has quoted9 months ago
-satunya alasan kami mengambil susu dan apel adalah untuk memelihara kesehatan. Susu dan apel (hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian) berisi substansi yang secara mutlak sangat diperlukan babi. Kami kaum babi adalah pekerja yang mengerahkan pikiran. Seluruh manajemen dan organisasi peternakan ini bergantung pada kami. Siang-malam kami memperhatikan kesejahteraan kalian. Demi kalian, kami minum susu dan makan apel-apel itu. Kalian tahu apa yang terjadi kalau kami para babi gagal menjalankan tugas ini? Jones akan kembali! Ya, Jones akan kembali! Sungguh, Kamerad,
nurapriani757has quoted9 months ago
Tanda mencolok dari Manusia adalah tangan-nya, yang dengan instrumen itu ia bisa melakukan segala kejahatan
Yockie suprayogohas quotedlast year
“Tidak usah sentimental, Kamerad!” seru Snowball, darah masih menetes dari lukanya. “Perang adalah perang. Satu-satunya manusia yang baik adalah manusia yang mati.”
Yockie suprayogohas quotedlast year
Tetapi, apakah ini sekadar bagian dari tatanan alam? Apakah itu karena Tanah Air kita begitu gersang sehingga tidak bisa mengusahakan kehidupan layak bagi mereka yang tinggal di atasnya? Tidak, Kamerad. Seribu kali tidak! Tanah Inggris ini subur, iklimnya bagus, tanah ini mampu menghasilkan makanan berkelimpahan bagi jauh lebih banyak binatang yang sekarang ada. Peternakan kita ini sendiri bisa memberi makan selusin kuda, dua puluh sapi, ratusan biri-biri—semuanya hidup dalam kesejahteraan dan kelayakan, yang semuanya itu di luar bayangan kita. Kalau begitu, kenapa kita terus hidup dalam kondisi sengsara ini? Sebab, hampir semua hasil produksi dari kerja kita dirampok oleh bangsa manusia. Itulah, Kamerad, jawaban masalah kita. Semua itu bisa dirumuskan dalam satu kata: Manusia. Manusia adalah musuh kita yang sesungguhnya.
Arik Sasmitahas quotedlast year
Snowball telah melakukan hal ini! Berdasarkan dendam semata, bermaksud untuk menggagalkan rencana kita dan membalas dendam karena malu telah disingkirkan, pengkhianat ini merayap kemari di bawah lindungan malam dan menghancurkan pekerjaan yang sudah kita lakukan hampir selama setahun
Zaadit Taqwahas quoted2 years ago
Makhluk-makhluk di luar memandang dari babi ke manusia, dan dari manusia ke babi lagi; tetapi mustahil mengatakan mana yang satu dan mana yang lainnya.
Bagus Riadihas quoted2 years ago
“Kamerad,” kata Snowball, “pita yang sangat kamu puja itu adalah tanda perbudakan. Tidak bisakah kamu paham bahwa kemerdekaan jauh lebih beharga daripada pitamu itu?”
smjovanka94has quoted3 years ago
Akan tetapi, pada umumnya binatang-binatang itu menikmati perayaan itu. Bagaimanapun, mereka merasa terhibur karena diingatkan bahwa mereka benar-benar menjadi majikan bagi diri mereka sendiri dan bahwa pekerjaan yang mereka lakukan adalah demi keuntungan mereka sendiri. Dengan begitu, bersama dengan lagu-lagu, prosesi, daftar angka Squealer, gelegar tembakan, kokok ayam jago, dan kibaran bendera itu, mereka bisa melupakan perut mereka yang kosong, paling tidak untuk sebagian waktu itu.
Pada April, Peternakan Binatang diproklamasikan sebagai sebuah Republik, dan menjadi penting untuk memilih seorang Presiden. Hanya ada seekor capres, Napoleon, yang dipilih dengan suara bulat.
Pada hari yang sama, diungkapkan bahwa telah ditemukan satu dokumen baru yang mengungkapkan detail lebih jauh tentang keterlibatan Snowball dengan Pak Jones. Sekarang terlihat bahwa Snowball, tidak seperti yang sudah dibayangkan oleh para binatang sebelumnya, tidak sekadar berusaha kalah dalam Perang Kandang Sapi denga
smjovanka94has quoted3 years ago
Sejujurnya, Jones dan semua yang ia pertahankan sudah hampir memudar dalam ingatan mereka. Mereka tahu bahwa hidup sekarang ini berat dan kosong, bahwa mereka sering lapar dan kedinginan, dan bahwa mereka biasanya bekerja kalau mereka tidak sedang tidur. Namun, diyakini bahwa pada masa lalu keadaannya lebih buruk. Mereka senang karena memercayai hal itu. Di samping itu, pada masa itu mereka menjadi budak dan sekarang mereka merdeka, dan itu membuat semuanya berbeda, dengan pintar Squealer menunjukkannya.
smjovanka94has quoted3 years ago
mereka lebih sedikit, bahwa kualitas air minumnya lebih baik, bahwa umur mereka lebih panjang, bahwa lebih banyak proporsi hewan muda yang bisa bertahan hidup melewati masa kecil, dan mereka punya lebih banyak jerami dalam kandang dan tidak terlalu gatal-gatal karena kutu. Hewan-hewan itu memercayai setiap kata Squealer.
smjovanka94has quoted3 years ago
Untuk sementara waktu, sudah tentu, kiranya ransum perlu disesuaikan (Squea­ler selalu bicara tentang itu sebagai “penyesuaian”, tidak pernah sebagai “pengurangan”), tetapi dibandingkan masa Pak Jones, perubahannya besar sekali.
smjovanka94has quoted3 years ago
Akan tetapi, ketika binatang-binatang itu melihat bendera hijau berkibar dan mendengar senapan meletus lagi—tujuh kali berturut-turut—dan mendengar pidato yang di­ucapkan Napoleon, memberi selamat atas perbuatan mereka, bagaimanapun rasanya mereka memang sudah menang besar. Binatang-binatang yang terbunuh dalam perang itu dimakamkan dengan khidmat. Boxer dan Clover menarik gerobak yang dipakai sebagai mobil jenazah, dan Napoleon sendiri berjalan di depan prosesi itu. Perayaan itu dilaksanakan selama dua hari penuh. Ada nyanyian, pidato, lebih banyak tembakan, dan hadiah khusus berupa sebutir apel diberikan pada setiap binatang, dua ons jagung untuk setiap burung, dan tiga biskuit untuk setiap anjing. Diumumkan bahwa perang itu akan disebut Perang Kincir Angin, dan bahwa Napoleon telah menciptakan satu medali lagi,
smjovanka94has quoted3 years ago
ketika kunci gudang pakan hilang, seluruh peternakan itu yakin bahwa Snowball telah melemparkannya ke dalam sumur. Menarik juga, mereka tetap percaya hal ini bahkan setelah kunci yang hilang itu ditemukan di bawah sebuah kantong pakan
smjovanka94has quoted3 years ago
Suatu Minggu pagi, Squealer mengumumkan bahwa ayam-ayam betina, yang baru saja masuk untuk bertelur lagi, harus menyerahkan telur mereka. Napoleon sudah menerima, lewat Whymper, kontrak untuk empat ratus telur seminggu. Harga dari telur ini akan membayar gandum dan pakan yang cukup untuk menjaga Peternakan agar bisa bertahan sampai musim panas tiba dengan keadaan yang sudah lebih mudah.
Waktu ayam-ayam betina mendengar ini mereka berteriak begitu mengerikan.
smjovanka94has quoted3 years ago
Squealer membuat pidato amat bagus tentang kegembiraan pelayanan dan kewibawaan kerja, tetapi binatang lainnya menemukan lebih banyak inspirasi dalam kekuatan Boxer dan teriakannya yang tidak pernah berhenti, “Aku akan kerja lebih keras!”.
fb2epub
Drag & drop your files (not more than 5 at once)