Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup

Dunia Anna

Sartika Zainalhas quoted5 years ago
Rasanya begitu. ada sesuatu yang sangat tidak mengenakkan untuk dipikirkan hingga kita berusaha melupakannya.
Abdul Abdulhas quoted5 years ago
Salah satu dasar segala permasalahan etika adalah aturan emas atau prinsip resiprositas: Perlakukan orang lain sebagaimana engkau ingin diperlakukan.
dearnainahas quoted5 years ago
Di salah satu rumah peternakan, orang-orang mencoba memberi makan pada hewanhewan yang ketakutan itu, tapi berita di koran malah berbunyi: “Rusa kutub menyerbu desa” ….
Ravy Hayyuhas quoted5 years ago
Dokter Benjamin berkata:
“Saya pernah bertanya pada diri sendiri apakah kita hidup dalam sebuah kebiasaan menyangkal berbagai kenyataan yang mendasar. Kamu mengerti apa yang saya maksudkan?”
“Rasanya begitu. ada sesuatu yang sangat tidak mengenakkan untuk dipikirkan hingga kita berusaha melupakannya.”
Abdul Abdulhas quoted5 years ago
hanya menyangkut dimensi horizontal—yaitu “kita” dan “orang lain”.
Lanahas quoted9 months ago
Kita menghancurkan planet kita sendiri. Kitalah yang telah melakukannya, dan kita sedang melakukannya sekarang.
Lanahas quoted9 months ago
Kita punya alasan untuk merasa nyaman tinggal di jagat raya ini! Kalimat inilah yang Anna perhatikan ketika pertama kali mendengar siaran radio itu. Entah ada atau tidak kehidupan lain di luar sana, kehidupan di bumi mewakili seluruh jagat raya, dan dengan kesadaran universalnya manusia berdiri dalam posisi khusus. namun, manusia tidak dapat hidup tanpa bentuk kehidupan lainnya
Lanahas quoted10 months ago
Dalam banyak hal, kita saat ini hidup dalam kurun waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di satu sisi kita adalah bagian dari sebuah generasi yang berhasil mengeksplorasi alam semesta dan memetakan genom manusia, tapi di sisi lain kita adalah generasi pertama yang melakukan kerusakan alam yang serius. Kita menyaksikan bagaimana tindakan manusia mengikis sumber daya alam dan mengakibatkan rusaknya habitat. Kita mengubah alam sedemikian rupa hingga kita bisa menyebut masa hidup kita ini sebagai sebuah zaman geologi baru, yaitu antroposen*.
Lanahas quoted10 months ago
Salah satu dasar segala permasalahan etika adalah aturan emas atau prinsip resiprositas: Perlakukan orang lain sebagaimana engkau ingin diperlakukan. namun, aturan emas ini tidak bisa lagi hanya menyangkut dimensi horizontal—yaitu “kita” dan “orang lain”. Kini, telah disadari bahwa prinsip resiprositas juga mempunyai dimensi vertikal: Perlakukanlah generasi selanjutnya sebagaimana engkau telah diperlakukan oleh generasi sebelummu.
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Anna penasaran akan bermimpi apa malam ini. Karena dia tahu begitu dia jatuh terlelap, jiwanya bisa saja muncul di sebuah dunia lain.[]
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Lalu, sang Dokter jiwa yang penyabar menjelaskan kepada Anna sambil mematikan komputer dan merapikan lembaran-lembaran kertas di atas mejanya. Pertama-tama dia memaparkan tentang siklus CO2 di dunia makhluk hidup
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Anna tiba-tiba mendapat sebuah impuls, yang tidak dia ketahui sebabnya. Bagai sesuatu yang begitu saja dia rasakan, sesuatu yang diilhamkan ke dalam kepalanya dari dunia lain, lalu dia mendengar dirinya berkata:
“Bagaimana pendapat anda jika saya bilang saya takut pada orang-orang arab?”
Dokter itu tertawa terbahak-bahak.
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Dokter Benjamin mengatupkan telapak tangannya di atas meja, sedetik kemudian duduknya mencondong ke depan dan menundukkan pandangan sebelum dia memandang ke arah Anna lagi. Lalu, dia berbicara dengan nada sedikit tercengang.
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Akibat keanehan ini, Anna akhirnya mau dibujuk untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Sejak Anna masih kecil, orang sudah sering bilang kalau dia suka sekali berfantasi
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Cincin itu telah berusia lebih dari seratus tahun, bahkan ada yang bilang sudah beratus-ratus tahun. Perhiasan tua ini pastilah memiliki banyak cerita menarik.
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Sesuatu yang telah lama ditunggu-tunggunya akhirnya datang juga. Hari ini dia mendapatkan sebuah cincin tua dari Tante Sunniva! Sudah sejak lama Anna tahu kalau dia bakal mewarisi cincin itu pada saat berulang tahun yang ke-16. ulang
yuriska rizkahas quoted3 years ago
nam tahun kemudian, Anna sedang bersama kedua orangtuanya di sebuah rumah kabin kayu yang sudah tua.
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Kini, Anna mengerti mengapa rusa kutub itu sampai berkeliaran di pedesaan. Dan itu bukan salah Sinterklas.[]
yuriska rizkahas quoted3 years ago
Ketika mereka melintasi sebuah bangkai binatang di pinggir jalan, berhentilah seluruh arak-arakan traktor. Binatang yang mati itu seekor rusa kutub, yang membeku, lalu salah seorang laki-laki dalam rombongan berkata mungkin binatang itu mati karena kekurangan makanan.
fb2epub
Drag & drop your files (not more than 5 at once)